Repo Dosen ULM

Evaluasi Pelatihan BISINDO di Program Studi Pendidikan Khusus

Show simple item record

dc.contributor.author Ratih, Dewi
dc.date.accessioned 2020-09-07T01:03:41Z
dc.date.available 2020-09-07T01:03:41Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.issn 1693-5276
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17768
dc.description Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 18 (01) (2020) 13-25, DOI https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.23392 en_US
dc.description.abstract BISINDO adalah bahasa isyarat yang berpedoman pada ekspresi, gerakan tangan, posisi tubuh, kontak mata yang dikembangkan oleh individu tuli. Laboratorium Pendidikan Khusus Universitas Lambung Mangkurat dengan bekerja sama dengan GERKATIN (Gerakan Kesejahteraan Tuli Indonesia) Kalimantan Selatan mangadakan pelatihan BISINDO, namun belum ada evaluasi terhadap pelatihan tersebut sehingga belum diketahui sejauh mana dampak pelatihan terhadap perkembangan komunikasi mahasiswa tuli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelatihan BISINDO di Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian meliputi koordinator program studi Pendidikan Khusus, koordinator pelatihan BISINDO, instruktur BISINDO sebanyak 2 orang dan perserta pelatihan BISINDO sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan BISINDO dapat menjadi wadah dalam mempelajari bahasa isyarat dan meningkatkan kemampuan komunikasi antara mahasiswa tuli dan mahasiswa dengar untuk meminimalisir hambatan dalam komunikasi dan mempermudah mahasiswa tuli dalam perkuliahan, pelatihan BISINDO telah melakukan modifikasi media dan strategi pembelajaran yang berbasis visual melalui video yang disertai teks, dan pelatihan BISINDO dapat membangun kesadaran mahasiswa dengar yang nantinya diharapkan akan berdampak positif baik dalam proses perkuliahan dan ketika berada di masyarakat luas. en_US
dc.publisher Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject BISINDO; Pendidikan Khusus; Evaluasi en_US
dc.title Evaluasi Pelatihan BISINDO di Program Studi Pendidikan Khusus en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account