Repo Dosen ULM

Kepraktisan dan Efektifitas Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi.

Show simple item record

dc.contributor.author Dharmono, Dharmono
dc.contributor.author Iberahim, Muslimin
dc.contributor.author Prabowo, Prabowo
dc.date.accessioned 2020-08-21T01:07:09Z
dc.date.available 2020-08-21T01:07:09Z
dc.date.issued 2015-10-17
dc.identifier.citation 0 en_US
dc.identifier.isbn ISBN 978-602-73915-4-3
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17653
dc.description Peer Reviewer en_US
dc.description.abstract Abstrak Kunci determinasi berbasis Kunci Dikotomi merupakan suatu alat atau media yang diciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan dalam upaya menanamkan konsep tumbuhan. Kunci Identifikasi Tumbuhan yang selama ini dipergunakan di sekolah atau perguruan tinggi adalah dari Stenis (2003) dan Backer & Bakhoizen (1995). Penelitian ini bertujuan mengembangkan menjadi Kunci Identifikasi Tumbuhan tersebut menjadi media berbentuk “Kipas Berkode” yang praktis dan efektif dalam pembelajaran tumbuhan tinggi. Pada dasarnya “Kipas Berkode” memiliki dua muka yang akan dimodifikasi sebagai dikotomi. Lembaran kipas dengan dua muka ini berisi tentang gambar atau sketsa ciri-ciri morfologi tumbuhan yang akan diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Borg dan Gall (1993). Kepraktisan ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa pada uji coba produk dan kefektifan ditunjukkan oleh hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan kunci dikotomi “Kipas Berkode”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kunci dikotomi yang dikembangkan adalah praktis dan efektif. Kepraktisan yang ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa dengan katagori sangat baik. Sedangkan kefektifan yang ditunjukkan oleh keefektifan dinilai dari hasil belajar adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dari rata-rata nilai Pre Test dan Post Test dengan nilai N-gain tinggi atau peningkatan penguasaan konsep setelah pembelajaran dengan katagori tinggi. en_US
dc.publisher UM Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Seminar Nasional ke-2 dan Workshop Biologi/IPA dan Pembelajarannya di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang;Terbitan 2
dc.subject Research Subject Categories::NATURAL SCIENCES en_US
dc.title Kepraktisan dan Efektifitas Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account