Repo Dosen ULM

Efisiensi Implementasi Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi

Show simple item record

dc.contributor.author Dharmono, Dharmono
dc.contributor.author Iberahim, Muslimin
dc.contributor.author Prabowo, Prabowo
dc.date.accessioned 2020-08-21T01:06:46Z
dc.date.available 2020-08-21T01:06:46Z
dc.date.issued 2016-01-23
dc.identifier.citation 0 en_US
dc.identifier.isbn ISBN 978-602-72071-1-0
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17648
dc.description Peer Reviewer en_US
dc.description.abstract ABSTRAK Pada dasarnya “Kipas Berkode” berbasis Kunci Dikotomi merupakan suatu alat atau media yang dikembangkan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan yang memiliki dua muka. Kunci Diotomi ini dikembangkan berupa lembaran kipas dengan dua muka yang berisi tentang gambar atau sketsa aau kode ciri-ciri morfologi tumbuhan yang akan diamati. Kunci Dikotomi Tumbuhan yang dikembangkan adalah Kunci Dikotomi dari Stenis (2003) dan Backer & Bakhoizen (1995). Penelitian ini bertujuan mengembangkan menjadi Kunci Identifikasi Tumbuhan tersebut menjadi media berbentuk “Kipas Berkode” yang efisien dalam pembelajaran tumbuhan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Borg dan Gall (1993). Efisiensi implementasi ditunjukkan oleh waktu yang diperlukan mahasiswa pada uji coba produk dalam menggunakan kunci dikotomi “Kipas Berkode” terhadap satu jenis tumbuhan sampai dengan tingkat famili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kunci dikotomi yang dikembangkan adalah efisien. en_US
dc.publisher UNESA Press en_US
dc.relation.ispartofseries Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pascasarjana UNESA;Terbitan 1 2016
dc.subject Research Subject Categories::NATURAL SCIENCES en_US
dc.title Efisiensi Implementasi Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account