Repo Dosen ULM

Laporan Penelitian: PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PGSD ULM DALAM MENULIS DONGENG ANAK BERBASIS SOSIOKULTURAL MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING

Show simple item record

dc.creator Dwitalia Sari, Dessy
dc.date.accessioned 2020-07-09T04:22:07Z
dc.date.available 2020-07-09T04:22:07Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/9764/1/PTK%20DESSY%20DWITALIA%20SARI%20%28PGSD%29.pdf
dc.identifier Dwitalia Sari, Dessy Laporan Penelitian: PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PGSD ULM DALAM MENULIS DONGENG ANAK BERBASIS SOSIOKULTURAL MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS . (Unpublished)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17097
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar keterampilan mahasiswa PGSD ULM dalam menulis dongeng anak berbasis sosiokultural melalui strategi menulis terbimbing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitiann ini adalah mahasiswa kelas E semester 3 yang berjumlah 51 orang. Obyek penelitian ini adalah keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan mencari nilai ratarata menulis dongeng anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural mahasiswa PGSD ULM. Proses peningkatan pebelajaran menulis dongeng anak berbasis sosiokultural dengan strategi menulis terbimbing yaitu: 1) siswa mempelajari unsur-unsur dongeng anak, 2) siswa mempelajari materi dongeng anak, 3) siswa memepelajari cara menyusun kerangka dongeng anak berbasis sosiokultural melalui strategi menulis terbimbing, dan 4) siswa menulis dongeng anak berbasis sosiokultural melalui strategi menulis terbimbing. Peningkatan keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural pada siklus I sebesar 23,4% dari nilai rata-rata prasiklus 67,8 sebesar menjadi 72,6. Sedangkan, peningkatan keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural pada siklus II sebesar 27,5% dari nilai rata-rata Siklus I 72,6 menjadi 87,4.
dc.format text
dc.publisher Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/9764/
dc.subject L Education (General)
dc.title Laporan Penelitian: PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PGSD ULM DALAM MENULIS DONGENG ANAK BERBASIS SOSIOKULTURAL MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING
dc.type Other
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account