dc.description.abstract |
Unting sagu instan adalah makanan tradisional asal Kalimantan Selatan yang terbuat dari sagu. Preferensi konsumen terhadap unting sagu adalah suka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat beli konsumen terhadap unting sagu instan rasa manis dan rasa karih ayam, serta kemasan cup kertas berlaminasi dan kantong metalizer yang digunakan untuk mengemas unting sagu. Metode yang digunakan adalah melakukan survei di 11 kecamatan dan 1 kelurahan yang ada di sekitar kota Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, dan Binuang yang ada di Kalimantan Selatan menggunakan kuesioner. Responden yang digunakan berjumlah 446 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menentukan nilai atribut dan timbangan atribut untuk menentukan indeks minat beli konsumen. Hasil yang diperoleh adalah indeks minat beli unting sagu rasa manis berkisar antara 2,971 sampai 3,2657 dengan rata-rata 3,068 yang berarti indeks minat belinya adalah baik. Indeks minat beli unting sagu rasa karih ayam berkisar antara 2,5935 sampai 3,0331 dengan rata-rata 2,7596 yang berarti indeks minat belinya adalah baik. Indeks minat beli unting sagu yang dikemas dengan menggunakan cup kertas berlaminasi berkisar antara 2,8855 sampai 3,2043 dengan rata-rata 3,0477 yang berarti indeks minat belinya adalah baik. Indeks minat beli terhadap kantong metalizer berkisar antara 2,9025 sampai dengan 3,1626 dengan rata-rata 3,0460 yang berarti indeks minat belinya adalah baik. Kesimpulannya unting sagu rasa manis lebih disukai dan diminati konsumen untuk membelinya. Unting sagu yang dihasilkan dapat dikemas dengan menggunakan cup kertas berlaminasi maupun dengan kantong metalizer |
en_US |