Repo Dosen ULM

Efisiensi Implementasi Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi.

Show simple item record

dc.contributor.author Dharmono, Dharmono
dc.contributor.author Muslimin, Iberahim
dc.contributor.author Prabowo, Prabowo
dc.date.accessioned 2020-06-29T00:34:38Z
dc.date.available 2020-06-29T00:34:38Z
dc.date.issued 2016-01-23
dc.identifier.isbn 978-602-72071-1-0
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16583
dc.description Artikel ini merupakan hasil penelitian di Universitas Lambungmangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan. en_US
dc.description.abstract ABSTRAK Pada dasarnya “Kipas Berkode” berbasis Kunci Dikotomi merupakan suatu alat atau media yang dikembangkan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan yang memiliki dua muka. Kunci Diotomi ini dikembangkan berupa lembaran kipas dengan dua muka yang berisi tentang gambar atau sketsa aau kode ciri-ciri morfologi tumbuhan yang akan diamati. Kunci Dikotomi Tumbuhan yang dikembangkan adalah Kunci Dikotomi dari Stenis (2003) dan Backer & Bakhoizen (1995). Penelitian ini bertujuan mengembangkan menjadi Kunci Identifikasi Tumbuhan tersebut menjadi media berbentuk “Kipas Berkode” yang efisien dalam pembelajaran tumbuhan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Borg dan Gall (1993). Efisiensi implementasi ditunjukkan oleh waktu yang diperlukan mahasiswa pada uji coba produk dalam menggunakan kunci dikotomi “Kipas Berkode” terhadap satu jenis tumbuhan sampai dengan tingkat famili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kunci dikotomi yang dikembangkan adalah efisien. en_US
dc.publisher Pascasarjana UNESA Press en_US
dc.relation.ispartofseries Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pascasarjana UNESA;Tahun 2016
dc.subject Efisiensi, kunci dikotomi, Kipas Berkode en_US
dc.title Efisiensi Implementasi Kunci Dikotomi berbentuk “Kipas Berkode” sebagai Media Pembelajaran Botani Tumbuhan Tinggi. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account