dc.contributor.author |
Dharmono, Dharmono |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-29T00:28:52Z |
|
dc.date.available |
2020-06-29T00:28:52Z |
|
dc.date.issued |
2013-06-30 |
|
dc.identifier.issn |
2085-8531 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16563 |
|
dc.description |
Guru mengajar yang tidak relevan dengan Pendidikan Akhir |
en_US |
dc.description.abstract |
ABSTRAK
KEMAMPUAN GURU PENGAJAR MATA PELAJARAN YANG TIDAK
RELEVAN DENGAN BIDANG KEAHLIANNYA DALAM MENGUASAI
MATERI MELAJARAN YANG DIASUH (MISMATCHED) PADA SMA
NEGERI SE-KABUPATEN TANAH BUMBU
Oleh : Dharmono
Keprofesionalan seorang guru tentunya akan berdampak pada tinggi
rendahnya prestasi peserta didik, salah satu parameter seorang guru
tersebut profesional adalah guru tersebut mengajar mata pelajaran sesuai
dengan bidangnya (matching). Berdasarkan survai awal yang didapat di
beberapa sekolah lanjutan tingkat atas di Kabupaten Tanah Bumbu baik di
bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun
Kementerian Agama, di duga lebih dari 20% masih ada guru yang
mengajar mata pelajaran yang diasuh tidak sesuai dengan bidangnya
(miss-matched). Hal ini tentunya merupakan suatu permasalahan
tersendiri bagi sistem pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu. Belum
adanya data lengkap dan akurat tentang keberadaan guru-guru yang
mengajar mata pelajaran tidak sesuai dengan bidangnya (miss-matched)
merupakan kendala bagi pengambilan kebijakan dalam menanggulangi
masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
kemampuan guru pengajar mata pelajaran yang tidak relevan dengan
bidang keahliannya dalam menguasai materi pelajaran tersebut pada
SMA Negeri se-Kabupaten Tanah Bumbu. Pendekatan penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh guru SMA
Negeri baik yang berstatus PNS maupun Non PNS di Kabupaten Tanah
Bumbu sebanyak 218 orang. Sampel penelitian sampel total seluruh guru
SMA Negeri se-Kabupaten Tanah Bumbu yang terindikasi tidak relevan
antara komptensi keilmuan dengan mata pelajaran yang di asuh (missmatched).
Teknik pengumpulan data dipergunakan; Observasi,
Wawancara, Angket dengan analisis data menggunakan deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan guru-guru berjumlah 67 orang
(40,1%) yang dalam mengajarnya tidak relevan (missmatched) atau tidak
sesuai dengan bidang atau latar belakang pendidikannya dengan
kemampuan dalam menguasai materi (Subject Matter) mata pelajaran inti
dengan katagori baik sampai istimewa (mampu mengerjakan soal dengan
benar 7-10 dari 10 soal yang diberikan hanya sekitar 18,7% (8 guru),
selebihnya sekitar 81,3 % (35 guru) masih memiliki kemampuan
menguasai materi kurang dari 7 soal. Hal tersbut berarti bahwa sebagian
besar guru mismatched yang mengajar pada tingkat SMA khususnya SMA
Negeri merupakan guru-guru yang belum begitu menguasai materi dalam
masing-masing mata pelajaran mismatched yang diasuhnya.
Kata Kunci: Kemampuan menguasai materi, Guru mismatched SMA |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Lambung Mangkurat Press |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Jurnal Wahana-Bio;Vol. 9 (1-2) Juni 2013 |
|
dc.subject |
Guru Missmatched SMA Tanah Bumbu |
en_US |
dc.title |
Kemampuan Guru Pengajar Mata Pelajaran yang Tidak Relevan dengan Bidang Keahliannya dalam Menguasai Materi Melajaran yang Diasuh (Mismatched) pada SMA Negeri se-Kabupaten Tanah Bumbu |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |