Repo Dosen ULM

LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin)

Show simple item record

dc.creator Mutiani, Mutiani
dc.creator Subiyakto, Bambang
dc.creator Jumriani, Jumriani
dc.creator Aslamiah, Aslamiah
dc.creator Afrina, Aida
dc.date 2019
dc.date.accessioned 2020-06-17T01:51:22Z
dc.date.available 2020-06-17T01:51:22Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8289/1/RELEVANSI%20MODAL%20SOSIAL%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPS.pdf
dc.identifier Mutiani, Mutiani and Subiyakto, Bambang and Jumriani, Jumriani and Aslamiah, Aslamiah and Afrina, Aida (2019) LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin). Universitas Lambung Mangkurat. (Unpublished)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/15788
dc.description Transportasi sungai yang semakin terpinggirkan mengakibatkan mati surinya bisnis angkutan perairan di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Akses jalan darat yang sudah terkoneksi antar kota dan daerah ini dengan ketepatan dan kecepatan waktu telah menjadi pilihan bagi para penggunanya. Kondisi ini memunculkan kebijakan yang dikeluarkan melalui peraturan walikota Banjarmasin untuk mengembalikan fungsi sungai. Keberadaan moda transportasi sungai yang tergerus oleh transportasi darat. Hal ini disebabkan tingkat efektivitas dan efisiensi transportasi darat dan sungai tidak bisa bersandingan. Transportasi sungai memakan waktu dan biaya mahal. Namun, terlepas dari persepsi yang digulirkan oleh masyarakat, transportasi sungai masih memiliki potensi karena memiliki kekhasan. Tujuan penelitian antara lain: untuk 1) mendeskripsikan aktivitas masyarakat Banjar di Siring Menara Pandang, 2) perkembangan moda transportasi sungai klotok di Kota Banjarmasin, dan 3) mendeskripsikan persepsi masyarakat Banjar di Siring Menara Pandang terhadap moda transportasi sungai klotok. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian dideskripsikan: 1) aktivitas masyarakat Banjar di Siring Menara Pandang didokumentasikan sebagai aktivitas penting, pilihan, dan sosial. Hal ini didasari oleh kategori Menara Pandang sebagai ruang publik bersifat ruang positif (positive space). 2) Perkembangan moda transportasi sungai klotok di Kota Banjarmasin sangat dipengaruhi oleh pihak Pemerintah Kota Banjarmasin yakni bertujuan pada pengelolaan dan pengembangan wisata berbasis sungai adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan mampu menjadi sarana dalam membuka peluang usaha. 3) Persepsi masyarakat Banjar di Siring Menara Pandang terhadap moda transportasi sungai klotok tetap dianggap sebagai jasa angkutan umum bagi penumpang. Akan tetapi yang membedakan adalah saat ini klotok memfokuskan diri pada moda transportasi air untuk mencapai tujuan destinasi wisata. Kata Kunci: moda transportasi dan transportasi sungai.
dc.format text
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8289/
dc.subject L Education (General)
dc.title LAPORAN PENELITIAN: RELEVANSI MODAL SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus Dalam Sistem Zonasi Di SMP Negeri Kota Banjarmasin)
dc.type Other
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account