dc.creator |
febriyanti, emma rosana |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-17T01:48:18Z |
|
dc.date.available |
2020-06-17T01:48:18Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/7007/1/emma10.pdf.pdf |
|
dc.identifier |
febriyanti, emma rosana IDENTIFIKASI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS (NON PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS ESP DI LINGKUNGAN FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN. IDENTIFIKASI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS (NON PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS ESP DI LINGKUNGAN FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN. (Unpublished) |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/15015 |
|
dc.description |
Bahasa Inggris adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh setiap mahasiswa non program studi Bahasa Inggris di lingkungan FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Acuan yang jelas mengenai materi apa yang harus diberikan kepada mahasiswa tersebut harus jelas agar mereka dapat merasakan manfaat dari mata kuliah ini. Untuk mengetahui acuan tersebut, perlu dilakukan needs analysis atau analisis kebutuhan agar yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut adalah yang benar-benar mereka butuhkan atau perlukan dalam mendukung proses belajar mereka pada saat ini atau dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan para pembelajar Bahasa Inggris tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dari yang saat ini sedang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris dari 5 jurusan yang ada di FKIP ULM Banjarmasin dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dalam bentuk jumlah dan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kebutuhan mahasiswa non prodi Bahasa Inggris terhadap mata kuliah Bahasa Inggris ESP sangatlah beragam dan dapat disimpulkan bahwa mereka memerlukan Bahasa Inggris bukan saja untuk kebutuhan mereka saat ini seperti dapat membaca berbagai literatur berbahasa Inggris yang dapat menunjang pendidikan dalam bidang ilmu mereka, tetapi juga untuk kepentingan mereka dalam pekerjaan nantinya. Maka dari itu disarankan agar pengajar Bahasa Inggris ESP atau pihak yang berkepentingan dapat mengakomodasi kebutuhan dari mahasiswa tersebut. Selain itu, disarankan agar selalu melakukan analisis kebutuhan karena kebutuhan pembelajar ESP juga selalu berubah. |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
IDENTIFIKASI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS (NON PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS ESP DI LINGKUNGAN FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/7007/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
IDENTIFIKASI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS (NON PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS ESP DI LINGKUNGAN FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN |
|
dc.type |
Other |
|
dc.type |
NonPeerReviewed |
|