Repo Dosen ULM

Usability dan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Repository Universitas Lambung Mangkurat

Show simple item record

dc.creator QIBTHIYYAH, MARIATUL
dc.creator Mahmudah, Mahmudah
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:05:11Z
dc.date.available 2020-06-15T04:05:11Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8940/1/653-1522-1-LE.pdf
dc.identifier QIBTHIYYAH, MARIATUL and Mahmudah, Mahmudah Usability dan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Repository Universitas Lambung Mangkurat. PUSTAKAWAN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/14021
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan usability, kepuasan pengguna , serta hubungan antara usability dan kepuasan pengguna repository ULM (Universitas Lambung Mangkurat). Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar validasi untuk menguji validitas istrumen, lembar evaluasi heuristik untuk menentukan permasalahan usability, dan angket kepuasan pengguna. Data validitas dianalisis dengan menggunakan Rasch model. Data usability dianalisis dengan menggunakan evaluasi heuristik. Data kepuasan pengguna dianalisis secara deskriptif. Hubungan antara usability dan kepuasan pengguna dianalisis dengan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Usability repository ULM yang dianalisis menggunakan evaluasi heuristik menunjukkan bahwa terdapat masalah usability mayor di mana permasalahan ini penting untuk diperbaiki sehingga harus diberi prioritas tinggi. Permasalahan mayor ini terjadi pada variabel visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, dan recognition rather than recall. Selain itu juga terdapat permasalahan dengan kategori masalah usability minor, di mana permasalahan ini harus diperbaiki tetapi dengan prioritas rendah. Permasalahan minor ini terjadi pada variabel error prevention, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, well-structured features, dan use of default values. (2) Kepuasan mahasiswa pengguna repository ULM diperoleh dari hasil angket dan wawancara yang menunjukkan bahwa 12% sangat puas, 53% puas, 27% kurang puas, dan 6% mahasiswa pengguna tidak puas dengan Repository ULM (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara usability dan kepuasan pengguna karena nilai sig lebih besar dari 0,05, yakni 0,692. Kata Kunci: usability; kepuasan pengguna;repository
dc.format text
dc.relation https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/653
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8940/
dc.subject L Education (General)
dc.title Usability dan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Repository Universitas Lambung Mangkurat
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account