Repo Dosen ULM

THE EFFECTIVENESS OF MULTIPLE INTELLIGENCES BASED COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TO IMPROVE CRITICAL THINKING

Show simple item record

dc.creator Almubarak, Almubarak
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:05:08Z
dc.date.available 2020-06-15T04:05:08Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8924/1/DRAFT_ARTIKEL_JK_UNY_2019.pdf
dc.identifier Almubarak, Almubarak THE EFFECTIVENESS OF MULTIPLE INTELLIGENCES BASED COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TO IMPROVE CRITICAL THINKING. THE EFFECTIVENESS OF MULTIPLE INTELLIGENCES BASED COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TO IMPROVE CRITICAL THINKING.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13994
dc.description Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan strategi Collaborative Problem Solving berbasis Multiple Intelligences (CPS-MI) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kecerdasan logis matematis, dan penguasaan konsep kimia peserta didik, serta mengetahui hubungan antara berpikir kritis, kecerdasan logis matematis dengan penguasaan konsep kimia. Metode penelitian menggunakan desain pre-test-post test control group. Sampel terdiri atas 93 peserta didik kelompok eksperimen dan 90 peserta didik kelompok kontrol dari tiga SMA di Kota Banjarmasin yang dipilih melalui metode stratified random sampling. Kelompok eksperimen menerapkan strategi CPS-MI, sedangkan kelompok kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan Watson Glaser Critical Thinking Appraisal Test, angket multiple intelligences, lembar observasi, dan tes penguasaan konsep Hidrolisis garam. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik persentase, chi square test, Anava satu jalur, dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CPS-MI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kecerdasan logis matematis dan penguasaan konsep kimia. Berdasarkan temuan ini strategi CPS-MI efektif diterapkan sebagai alternatif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan logis matematis peserta didik. Kata kunci: problem solving, keterampilan berpikir kritis, kecerdasan logis matematis
dc.format text
dc.publisher Prodi Pend.Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/24714
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8924/
dc.subject L Education (General)
dc.title THE EFFECTIVENESS OF MULTIPLE INTELLIGENCES BASED COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TO IMPROVE CRITICAL THINKING
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account