Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADAKONSEPENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUIKOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING DANMAKE A MATCHDENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADASISWAKELAS IV SDN SEBERANG MESJID 5BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator novitawati, novitawati
dc.creator Elyanoor, Heni
dc.date 2017-02-13
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:04:32Z
dc.date.available 2020-06-15T04:04:32Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8452/1/2017%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20PADAKONSEPENERGI%20PANAS%20DAN%20BUNYIMELALUIKOMBINASI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20INKUIRITERBIMBING%20DANMAKE%20AMATCHDENGANMENGGUNAKAN%20MEDIA%20AUDIOVISUAL%20PADASISWAKELAS%20IV%20SDN.pdf
dc.identifier novitawati, novitawati and Elyanoor, Heni (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADAKONSEPENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUIKOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING DANMAKE A MATCHDENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADASISWAKELAS IV SDN SEBERANG MESJID 5BANJARMASIN. Jurnal Paradigma, 10 (2). ISSN 0853-7585
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13717
dc.description Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat pada guru dalam menggunakan pembelajaran satu arah, sehingga siswa cenderung kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran, cenderung kurang aktif dalam melaksanakan tugas yang diberikan, dan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Maka digunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Make a Match dengan menggunakan media Audiovisual. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada setiap pertemuan meningkat secara bertahap pada siklus I maupun siklus II. Dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan make a match dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar.
dc.format text
dc.publisher Program PGSD/PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2853
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8452/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADAKONSEPENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUIKOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERBIMBING DANMAKE A MATCHDENGANMENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADASISWAKELAS IV SDN SEBERANG MESJID 5BANJARMASIN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account