Repo Dosen ULM

"Efek Ekstrak Minyak Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) Terhadap Peningkatan Memori dan Fungsi Kognitif Mencit Berdasarkan Passive Avoidance Test"

Show simple item record

dc.creator HIDAYATURRAHMAH, HIDAYATURRAHMAH
dc.date 2016-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:04:27Z
dc.date.available 2020-06-15T04:04:27Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8329/1/3.%20Jurnal%20Nasional%20Pharmascience%20Efek%20Ekstrak.pdf
dc.identifier HIDAYATURRAHMAH, HIDAYATURRAHMAH (2016) "Efek Ekstrak Minyak Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) Terhadap Peningkatan Memori dan Fungsi Kognitif Mencit Berdasarkan Passive Avoidance Test". "Efek Ekstrak Minyak Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) Terhadap Peningkatan Memori dan Fungsi Kognitif Mencit Berdasarkan Passive Avoidance Test", 3 (2). ISSN ISSN-Online. 2460-9560 ISSN-Print. 2355 – 5386
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13670
dc.description "Salah satu produk pangan fungsional dari ikan air tawar dan dikenal sebagai sumber protein adalah ikan patin yang banyak ditemukan di Kalimantan Selatan. Minyak dari ikan tidak hanya bisa dihasilkan oleh ikan air laut tetapi bisa juga berasal dari ikan air tawar seperti ikan patin. Ekstrak minyak ikan patin mengandung omega 3 (EPA dan DHA), dan omega 6 (ARA) yang sangat bagus sebagai asupan gizi, kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan sel khususnya pada memori otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ekstrak minyak ikan patin terhadap peningkatan memori dan fungsi Kognitif pada mencit berdasarkan passive avoidance test. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 pengulangan. Perlakuan yang digunakan berupa pemberian ekstrak minyak ikan patin dengan dosis 26, 52, 104 mg/Kg BB, pirasetam dan aquadest. Pengukuran memori otak dilakukan dengan uji passive avoidance test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak minyak ikan patin berpengaruh terhadap peningkatan memori otak dan fungsi Kognitif."
dc.format text
dc.relation http://jps.unlam.ac.id/
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8329/
dc.subject Q Science (General)
dc.title "Efek Ekstrak Minyak Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus) Terhadap Peningkatan Memori dan Fungsi Kognitif Mencit Berdasarkan Passive Avoidance Test"
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account