Repo Dosen ULM

MANAJEMEN PEMASARAN USAHA BUDIDAYA IKAN HIAS KOI (Cyprinuscarpio L) DI UNLAM III KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Show simple item record

dc.creator Dekayanti, Tri
dc.creator Mahreda, Emmy Sri
dc.creator Lilimantik, Emmy
dc.date 2019-03
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:04:22Z
dc.date.available 2020-06-15T04:04:22Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/8108/1/PROSIDING%202019.pdf
dc.identifier Dekayanti, Tri and Mahreda, Emmy Sri and Lilimantik, Emmy (2019) MANAJEMEN PEMASARAN USAHA BUDIDAYA IKAN HIAS KOI (Cyprinuscarpio L) DI UNLAM III KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. MANAJEMEN PEMASARAN USAHA BUDIDAYA IKAN HIAS KOI (Cyprinuscarpio L) DI UNLAM III KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN , IV. pp. 279-286. ISSN ISSN. 2655-8947
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13626
dc.description Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah mengetahui (1) melakukan pembinaan terhadap manajemen pemasaran usaha budidaya ikan hias koi (Cyprinus carpio L), (2) membina kemitraan untuk membangun bisnis budidaya koi (Cyprinus carpio L) dengan lembaga pemasaran. Peningkatan produksi hias koi (Cyprinus carpio L) merupakan indikasi meningkatnya permintaan konsumen ikan hias. Permintaan pasar yang tinggi merupakan peluang bagi pemilik bisnis sehingga mereka harus menjaga kualitas produk sesuai dengan keinginan konsumen. Sistem pemasaran yang tidak optimal karena hanya langsung ke konsumen dan secara tidak langsung melalui pedagang membuat saluran pemasaran terbatas. Harga koi (Cyprinus carpio L) dari 2016 hingga 2018 relatif stabil, hal ini menyebabkan permintaan konsumen dari tahun ke tahun terus meningkat. Koi (Cyprinus carpio L) paling banyak digunakan untuk nilai estetika. Orang biasanya membudayakan koi sebagai hobi, nilai estetika, dan membuat jenis baru koi (Cyprinus carpio L). Artinya, membudidaya ikan hias ini memberi keuntungan dan itu layak untuk dilakukan. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif, metode survei, termasuk wawancara pribadi dengan kuesioner, wawancara menggunakan telepon, dan wawancara melalui media online. Usaha ikan koi memiliki laba sebesar Rp. 26.204.750,00 / bulan, sehingga tidak menjadi masalah bagi pembudidaya ikan koi (Cyprinus carpio L). Pengelolaan pemasaran budidaya ikan hias koi (Cyprinus carpio L) belum dilakukan secara optimal termasuk terbatasnya segmentasi dan strategi pemasaran, penggunaan media online untuk pemasaran ikan hias koi masih terbatas. Kemitraan bisnis ikan hias koi dengan lembaga pemasaran telah didirikan, dengan kepercayaan. kultivator dengan pedagang kolektor yang telah menjadi pelanggan tetap dan ketika membeli dan menjual ikan koi ada kesepakatan harga antara keduanya. Kata kunci: manajemen pemasaran, usaha budidaya, ikan hias koi
dc.format text
dc.publisher FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/8108/
dc.subject SH Aquaculture. Fisheries. Angling
dc.title MANAJEMEN PEMASARAN USAHA BUDIDAYA IKAN HIAS KOI (Cyprinuscarpio L) DI UNLAM III KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account