Repo Dosen ULM

Peer review: PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERKEBUNAN,PERHUTANAN DAN PERTAMBANGAN (PBB P3) DI KANWIL DIRJEN PAJAK KALSELTENG.

Show simple item record

dc.creator Juniar, Asrid
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:04:17Z
dc.date.available 2020-06-15T04:04:17Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5159/1/10%20Peer%20Review%20Penerimaan%20Pajak%20Bumi%20dan%20Bangunan.pdf
dc.identifier Juniar, Asrid Peer review: PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERKEBUNAN,PERHUTANAN DAN PERTAMBANGAN (PBB P3) DI KANWIL DIRJEN PAJAK KALSELTENG. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. (Unpublished)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13583
dc.description Pajak merupakan bagian dari sumber penerimaan negara yang dianggap paling potensial untuk meningkat oleh karena itu, pajak digunakan sebagai sumber pembiayaan negara dan target penerimaan pajak setiap tahun maka pajak diharapkan dapat terus ditingkatkan. Pajak menurut lembaga pemungutnya terbagi dua yaitu pajak daerah dan pajak pusat, dimana keduanya menopang kemajuan pembangunan bangsa Indonesia. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah Pajak negara yang dikenakan terhadap bumi dan bangunan berdasarkan Undang-Undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan Undang- Undang nomor 12 Tahun 1994. PBB sebenarnya terdiri dari 5 sektor, yaitu Perdesaan, Perkotaan, Perkebunan, Perhutanan, Pertambangan. PBB yang dialihkan menjadi Pajak Kabupaten/Kota hanya PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan (P2), sementara PBB sektor Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan (P3) masih tetap menjadi Pajak Pusat. Tujuan penelitian yaitu 1) menganalisis efektifitas penerimaan PBB P3, 2) menganalisis pertumbuhan penerimaan PBB P3, 3) menganalisis rata-rata penerimaan PBB P3. Data penelitian diperoleh dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektifitas penerimaan PBB P3 pada Kanwil DJP Kalselteng tahun 2014 semua KPP sangat efektif, tahun 2015 ada 6 KPP sangat sefektif, 2 KPP efektif dan 1 KPP cukup efektif, tahun 2016 ada 8 KPP sangat efektif dan 1 KPP efektif. Laju pertumbuhan penerimaan PBB P3 8 KPP positif, sedangkan 2 KPP mengalami penurunan. Rata-rata penerimaan PBB P3 selama tahun 2014-2016 adalah sebesar Rp 64.063.720.182,-.analisis data untuk tahun 2011 dan tahun 2012 diketahui bahwa rasio-rasio keuangan Bank Kalsel mengalami penurunan, selain itu bedasarkan skala rasio analisis Radar posisinya juga mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena Bank Kalsel banyak membuka kantor-kantor pelayanan baru yang mengakibatkan bertambahnya biaya dan menurunnya laba, akan tetapi hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi penurunan posisi pada skala rasio Radar karena perhitungan rasio-rasio bank pesaing juga relatif turun. Rasio potensi pertumbuhan sebagai salah satu indikator bagaimana kondisi Bank Kalsel dimasa yang akan datang menunjukkan bahwa Bank Kalsel memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dan berkembang dengan cara harus mengelola dana pihak ketiga dan modal dari pemegang saham yang berhasil dihimpun untuk disalurkan dalam bentuk kredit dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian sehingga fungsi Bank Kalsel sebagai financial intermediary dan agent of development untuk mendukung perkembangan ekonomi daerah terwujud sehingga memicu pertumbuhan pada kinerja Bank Kalsel.
dc.format text
dc.publisher UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5159/
dc.subject Q Science (General)
dc.title Peer review: PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERKEBUNAN,PERHUTANAN DAN PERTAMBANGAN (PBB P3) DI KANWIL DIRJEN PAJAK KALSELTENG.
dc.type Other
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account