Repo Dosen ULM

Analisis Model Fit Butir Soal pada Instrumen Penilaian Kognitif Ilmu Pendidikan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama

Show simple item record

dc.creator Putra, Aminuddin Prahatama
dc.creator Wardhani, Dyah Febria
dc.creator Suratno, Suratno
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:03:50Z
dc.date.available 2020-06-15T04:03:50Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/7712/1/3.%20Jurnal%20Pengukuran%20Psikologi%20dan%20Pendidikan%20Indonesia.pdf
dc.identifier Putra, Aminuddin Prahatama and Wardhani, Dyah Febria and Suratno, Suratno Analisis Model Fit Butir Soal pada Instrumen Penilaian Kognitif Ilmu Pendidikan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama. JP3I – Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13376
dc.description Pentingnya instrumen penilaian kognitif yang berkualitas agar evaluasi yang dilakukan benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur oleh instrumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jumlah butir soal yang fit pada pengembangan instrumen penilaian kognitif mata pelajaran IPA SMP. Penelitian deskriptif ini dilakukan pada 7 SMP/MTs Kabupaten Banjar. Data berupa perbandingan soal yang tidak fit menurut kurikulum yang diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang fit pada instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan adalah 59,80% (kurikulum 2013), 12,74% (KTSP), dan 78,43% (Kurikulum Imbas 2013). Kata kunci: Model Fit; Butir Soal,Penilaian; IPA
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/7712/
dc.subject L Education (General)
dc.subject Q Science (General)
dc.title Analisis Model Fit Butir Soal pada Instrumen Penilaian Kognitif Ilmu Pendidikan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account