dc.creator |
EVIANI, DAMASTUTI |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T04:03:47Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T04:03:47Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/7594/1/PENTINGNYA%20PROGRAM%20KHUSUS%20BINA%20DIRI%20DAN%20BINA%20GERAK.pdf |
|
dc.identifier |
EVIANI, DAMASTUTI PENTINGNYA PROGRAM KHUSUS BINA DIRI DAN BINA GERAK PADA ANAK CEREBRAL PALSY. PENTINGNYA PROGRAM KHUSUS BINA DIRI DAN BINA GERAK PADA ANAK CEREBRAL PALSY . ISSN 2580-9415 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13355 |
|
dc.description |
Cerebral palsy (CP) merupakan salah satu klasifikasi dari anak tunadaksa yang mengalami kerusakan pada salah satu area motorik otak yang akan mengganggu kemampuan otak untuk mengontrol pergerakan dan postur tubuh. Permasalahan tersebut mengakibatkan anak cerebral palsy mengalami kesulitan dalam pergerakan, keseimbangan dan postur tubuh. Hal ini menunjukkan pentingnya dan mengharuskan anak cerebral palsy mendapatkan program khusus bina diri dan bina gerak. Bina diri dan bina gerak merupakan program khusus bagi anak cerebral palsy agar mereka dapat melakukan aktivitas hidup sehari-hari atau Activities of Daily Living (ADL) secara mandiri. Anak tunadaksa berbeda dengan anak berkebutuhan khusus lainnya, mengingat kemampuan geraknya yang terbatas sehingga bagi anak tunadaksa khususnya cerebral palsy, keterampilan bina diri tidak bisa lepas dari keterampilan gerak sehingga istilah Activities of Daily Living (ADL) disebut Bina Diri dan Bina Gerak.
Kata Kunci: Bina Diri, Bina Gerak, Anak Cerebral Palsy |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Luar Biasa dan Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia (APPKhi) Cabang Kalimantan Selatan |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/7594/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PENTINGNYA PROGRAM KHUSUS BINA DIRI DAN BINA GERAK PADA ANAK CEREBRAL PALSY |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|