Repo Dosen ULM

HUBUNGAN LAMA MENJALANI KEMOTERAPI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUD ULIN BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator RIZANY, ICHSAN
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:03:18Z
dc.date.available 2020-06-15T04:03:18Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/7308/1/HUBUNGAN_LAMA_MENJALANI_KEMOTERAPI_DENGAN_KUALITAS_HIDUP_PENDERITA_KANKER_PAYUDARA_DI_RSUD_ULIN_BANJARMASIN.pdf
dc.identifier RIZANY, ICHSAN HUBUNGAN LAMA MENJALANI KEMOTERAPI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUD ULIN BANJARMASIN. HUBUNGAN LAMA MENJALANI KEMOTERAPI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUD ULIN BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13120
dc.description Latar Belakang:Kanker payudara adalah keganasan sel yang menyerang payudara dan merupakan penyebab kematian kedua pada wanita. Frekuensi kemoterapi menimbulkan gangguan pada fungsi dan gejala kanker payudara yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Kualitas hidup merupakan keadaan yang menyatakan kepuasan batin dan kenyamanan hidup seseorang.Tujuan:Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan lama menjalani kemoterapi dengan kualitas hidup penderita kanker payudara di RSUD Ulin BanjarmasinMetode:Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatancross sectionalmenggunakanaccidental samplingdidapatkan 47 responden, penilaian kualitas hidup menggunakanEuropean Organization of Research and Treatment of Cancer (EORTC)BR23. Uji Analisamenggunakan korelasi spearman.Hasil: Hasil rata-rata lama penderita menjalani kemoterapi sebanyak 4,53 kalidan rata-rata kualitas hidup penderita kanker payudara berada di 65, 5% .Kesimpulan:dari Hasil analisis didapatkan ada hubungan antara lama menjalani kemoterapi dengan kualitas hidup penderita kanker payudara di RSUD Ulin Banjarmasin (P Value=0,00<0,01) dengan arah hubungan positif yakni semakin lama menjalani kemoterapi semakin tinggi nilai kualitas hidup penderita kanker payudara. Kualitas hidup yang paling tinggi dilihat darifunction scale adalah sexs enjoymentyakni 72,0sedangkan darisymptom scaleadalahside effectdengan skor 582,6Kata kunci :kanker payudara, kemoterapi, kualitas hidup.
dc.format text
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/7308/
dc.subject R Medicine (General)
dc.title HUBUNGAN LAMA MENJALANI KEMOTERAPI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RSUD ULIN BANJARMASIN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account