dc.creator |
Fahrina, Fahrina |
|
dc.creator |
Arifuddin, Muhammad |
|
dc.creator |
M., Abdul Salam |
|
dc.date |
2018-02 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T04:02:57Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T04:02:57Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/6753/1/artikel_pa_salam_dkk.pdf |
|
dc.identifier |
Fahrina, Fahrina and Arifuddin, Muhammad and M., Abdul Salam (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING, 06 (01). |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12951 |
|
dc.description |
Kemampuan siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin masih rendah
dalam menganalisis-mensintesis suatu persoalan fisika yang diberikan. Oleh karena itu
dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan analisis
sintesis siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin melalui model pengajaran langsung
dengan metode problem solving. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas
dengan model Hopkins yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi plan,
action/observation, dan reflective. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Data dianalisis
secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu:
(1) keterlaksanaan RPP secara keseluruhan meningkat dari 68% pada siklus I dengan kategori
baik menjadi 86% pada siklus II dengan kategori sangat baik, (2) kemampuan analisis
sintesis siswa dari siklus I meningkat ke siklus II dengan kategori baik menjadi sangat baik,
(3) ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan sebesar
82,61% menjadi 100%. Diperoleh simpulan bahwa model pengajaran langsung dengan
metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan analisis sintesis siswa kelas X MIA
6 SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Kata kunci: kemampuan analisis sintesis, problem solving |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat |
|
dc.relation |
http://https//ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/3897/pdf |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/6753/ |
|
dc.subject |
QC Physics |
|
dc.title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X
MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN
LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|