Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Show simple item record

dc.creator Fahrina, Fahrina
dc.creator Arifuddin, Muhammad
dc.creator M., Abdul Salam
dc.date 2018-02
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:57Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:57Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6753/1/artikel_pa_salam_dkk.pdf
dc.identifier Fahrina, Fahrina and Arifuddin, Muhammad and M., Abdul Salam (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING, 06 (01).
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12951
dc.description Kemampuan siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin masih rendah dalam menganalisis-mensintesis suatu persoalan fisika yang diberikan. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan analisis sintesis siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Hopkins yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi plan, action/observation, dan reflective. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) keterlaksanaan RPP secara keseluruhan meningkat dari 68% pada siklus I dengan kategori baik menjadi 86% pada siklus II dengan kategori sangat baik, (2) kemampuan analisis sintesis siswa dari siklus I meningkat ke siklus II dengan kategori baik menjadi sangat baik, (3) ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan sebesar 82,61% menjadi 100%. Diperoleh simpulan bahwa model pengajaran langsung dengan metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan analisis sintesis siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Kata kunci: kemampuan analisis sintesis, problem solving
dc.format text
dc.publisher Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://https//ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/3897/pdf
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6753/
dc.subject QC Physics
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SINTESIS SISWA KELAS X MIA 6 SMAN 2 BANJARMASIN MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PROBLEM SOLVING
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account