Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERBIMBING

Show simple item record

dc.creator hartini, lisa
dc.creator Zainuddin, Zainuddin
dc.creator Miriam, Sarah
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:52Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:52Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6731/1/artikel_sarah-lisa_hartini_cs.pdf
dc.identifier hartini, lisa and Zainuddin, Zainuddin and Miriam, Sarah PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERBIMBING. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERBIMBING.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12918
dc.description Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran suhu dan kalor berorientasi keterampilan proses sains menggunakan model inqury discovery learning terbimbing berdasarkan dari validitas, kepraktisan, keefektifan dan pencapaian keterampilan proses sains. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE (analyze, design, development, implement, evaluate) yang diuji cobakan di SMA Negeri 10 Banjarmasin kelas X6 menggunakan one-grup pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Validitas perangkat berkategori sangat baik: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berkategori sangat baik, lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori sangat baik, tes hasil belajar berkategori sangat baik, materi ajar berkategori sangat baik. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat praktis berdasarkan hasil keterlaksanaan RPP. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran berkategori efektif berdasarkan N-gaintes hasil belajar siswa. (4) Pencapaian keterampilan proses berdasarkan hasil LKPD dan lembar pengamatan berkategori terampil. Berdasarkan hasil penelitianmeunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, sangat praktis, efektif dan terampil sehingga perangkat pembelajaran layak untuk diimplementasikan. Kata Kunci:Perangkat Pembelajaran, keterampilan proses sains, inquiry discovery learning terbimbing.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6731/
dc.subject QC Physics
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING TERBIMBING
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account