Repo Dosen ULM

KEEFEKTIFAN TEKNIK ‘SELF-INSTRUCTION’ DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2013 FKIP ULM BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Rachmayanie, Ririanti
dc.creator Setiawan, Muhammad Andri
dc.creator Fuadi, Ahmad Samarul
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:02:38Z
dc.date.available 2020-06-15T04:02:38Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/6404/1/19%20KEEFEKTIFAN%20TEKNIK%20%E2%80%98SELF-INSTRUCTION%E2%80%99%20DALAM%20MENGURANGI%20STRES%20AKADEMIK%20PADA%20MAHASISWA%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20ANGKATAN%202013.doc
dc.identifier Rachmayanie, Ririanti and Setiawan, Muhammad Andri and Fuadi, Ahmad Samarul KEEFEKTIFAN TEKNIK ‘SELF-INSTRUCTION’ DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2013 FKIP ULM BANJARMASIN. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2 , 02 (02). ISSN 2460-1187
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12803
dc.description Stres akademik adalah merupakan respon mahasiswa terhadap berbagai tuntutan akademik yang bersifat pembelajaran dengan sumber daya biologis, psikologis, dan sosial melebihi batas kemampuan yang di tandai reaksi fisik, emosi, mental dan perilaku. Salah satu teknik untuk membantu mahasiswa dalam mengurangi stres akademik adalah dengan teknik konseling ‘self-instruction.’ Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan tingkat stres akademik mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan teknik konseling ‘self-instruction,’ serta mengetahui keefektifan teknik konseling ini mengurangi stres akademik pada mahasiswa Bimbingan Konseling angkatan 2013 FKIP ULM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre–eksperimental designs, dalam bentuk intact-group comparison. Penelitian bertempat di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan tingkat stres akademik mahasiswa sebelum diberikan konseling dengan menggunakan teknik ‘self-intructions’ dan sesudah diberikan konseling serta teknik konseling ini efektif mengurangi stres akademik mahasiswa.
dc.format text
dc.publisher Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/6404/
dc.subject L Education (General)
dc.title KEEFEKTIFAN TEKNIK ‘SELF-INSTRUCTION’ DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2013 FKIP ULM BANJARMASIN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account