dc.creator |
Darmiyati, Darmiyati |
|
dc.creator |
Hasanah, Riwi Noor |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T04:02:07Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T04:02:07Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/5965/1/5231-11044-1-SM.pdf |
|
dc.identifier |
Darmiyati, Darmiyati and Hasanah, Riwi Noor PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PROBING PROMPTING DAN MEDIA REALITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL VIDYA KARYA. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12538 |
|
dc.description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi memecahkan soal pecahan sederhana dengan menerapkan model Explicit Instruction dikombinasikan dengan model Probing Prompting dan media Realita. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 4 Sungai Ulin Banjarbaru dengan jumlah siswa 26 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibantu oleh kolaborator yang mengikuti langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah setiap topik pembelajaran diberikan perbaikan dalam bentuk pemberian tes dan non tes berupa observasi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan observasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika.
Kata Kunci: hasil belajar, explicit instruction, probing prompting, media realita, pecahan sederhana. |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/5965/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PROBING PROMPTING DAN MEDIA REALITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|