Repo Dosen ULM

MAKSIMALISASI FUNGSI LAYANAN BIMBIGAN DAN KONSELING UNTUK MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN SISWA (STUDENT WELL-BEING) DI SEKOLAH

Show simple item record

dc.creator Arsyad, Muhammad
dc.date 2017-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:01:48Z
dc.date.available 2020-06-15T04:01:48Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5582/1/%28Jurnal%20Fitrah%20BK%29%20MAKSIMALISASI%20FUNGSI%20LAYANAN%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20UNTUK%20MENCIPTAKAN%20KESEJAHTERAAN%20SISWA%20%28STUDENT%20WELL-BEING%29%20DI%20SEKOLAH.pdf
dc.identifier Arsyad, Muhammad (2017) MAKSIMALISASI FUNGSI LAYANAN BIMBIGAN DAN KONSELING UNTUK MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN SISWA (STUDENT WELL-BEING) DI SEKOLAH. MAKSIMALISASI FUNGSI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN SISWA (STUDENT WELLBEING) DI SEKOLAH, 01 (02). ISSN 2541-6073
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12390
dc.description Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran dan perkembangan adalah kesejahteraan. Kesejahteraan siswa merupakan suatu keadaan yang berkesinambungan dari kondisi mood positif dan sikap, ketahanan (resiliensi) dan kepuasan diri, keamanan sekolah dan kesehatan mental. Untuk mampu mewujudkan kesejahteraan siswa di sekolah perlu adanya suatu lembaya yang berperan sebagai pembinaan siswa di sekolah. Salah satu subbidang pembinaan siswa di sekolah adalah dengan adanya layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Mkasimalnya fungsi layanan bimbingan dan konseling dapat menunjang terwujudnya suatu kesejahteraan bagi siswa di sekolah. Artikel ini bertujuan mengkaji maksimalisasi fungsi layanan bimbingan dan konseling untuk menciptakan kesejahteraan siswa di sekolah. Kesejahteraan siswa di sekolah dapat terwujud dengan tujuha jalur menuju siswa sejahtera, yaitu membangun komunitas sekolah yang saling mendukung, menghargai dan terbuka; mengembangkan nilai-nilai prososial; menyediakan lingkungan belajar yang aman; meningkatkan pembelajaran sosial-emosional; menggunakan pendekatan berbasis kekuatan; menumbuhkan rasa kebermaknaan dan tujuan; dan mendorong siswa untuk bergaya hidup sehat. Tujuh jalur tersebut dapat diwujudkan dengan dimilikinya suatu sumberdaya konselor yang mampu menjalankan fungsi dari layanan bimbingan dan konseling sebagaimana semestinya dengan modal personal, profesional dan modal sarana dan prasarana seperti tempat dan instrumen yang mendukung dalam mengidentifikasi permasalahan atau hambatan siswa di sekolah dalam mengembangkan potensinya secara maksimal. Kata kunci: Kesejahteraan Siswa (student well-being), Fungsi Layanan BK
dc.format text
dc.publisher Jurnal BK FITRAH
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5582/
dc.subject L Education (General)
dc.title MAKSIMALISASI FUNGSI LAYANAN BIMBIGAN DAN KONSELING UNTUK MENCIPTAKAN KESEJAHTERAAN SISWA (STUDENT WELL-BEING) DI SEKOLAH
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account