Repo Dosen ULM

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah pada SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin

Show simple item record

dc.creator Suhaimi, Suhaimi
dc.creator Khalik, Abdul
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:01:37Z
dc.date.available 2020-06-15T04:01:37Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/5232/1/186-280-1-SM%20PENEL%20DI%20SMP%20MUH%204%20BJM.pdf
dc.identifier Suhaimi, Suhaimi and Khalik, Abdul Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah pada SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan 4(1)-2018.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12306
dc.description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana: (1) filosofi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin; (2) proses pengambilan keputusan yang dilakukan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin; dan (3) proses komunikasi yang dilakukan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi dengan sumber penelitian manusia dan non-manusia. Sumber data diperoleh dengan menggunakan porpusive dan snowball sampling. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat menyimpulkan: (1) filosofi kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai praktik: konsiderasi pribadi, stimulasi intelektual, motivasi inspirasional, dan idealisasi pengaruh. Kepala sekolah menjadi figur yang baik dijadikan teladan, menjadi seorang inspritor bagi sekolah. Memotivasi bawahannya untuk berinovasi, bekerja keras dan profesional; (2) Proses pengambilan keputusan yang dilaksanakan kepala sekolah secara demokratis, melalui tahapan: identifikasi masalah, pengumpulan dan penganalisisan data, pembuatan alternatif keputusan, memilih satu alternatif yang terbaik dijadikan keputusan, dengan melibatkan semua warga sekolah; dan (3) Proses komunikasi yang dilakukan kepala sekolah berjalan efektif dan efisien. Jalur yang digunakan bersifat formal dan non-formal. Untuk memperoleh dukungan cara yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) praktik kepemimpinannya, kepala sekolah dapat lebih memberikan penghargaan dan pengakuan atas hasil kerja guru di sekolahnya.; (2) Proses pengambilan keputusan yang dilaksanakan telah berjalan secara demokratis. Diharapkan ini dapat dijadikan contoh bagi sekolah Muhammadiyah lainnya dalam melaksanakan pengambilan keputusan; dan (3) Proses komunikasi yang dilakukan berjalan secara efektif dan efisien diharapkan ke depan proses tersebut dapat terus berjalan sehingga muncul sikap peduli dan turut bertanggungjawab terhadap suatu keputusan tersebut. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reserved Kata-kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Pengambilan Keputusan, dan Komunikasi
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/5232/
dc.subject L Education (General)
dc.title Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah pada SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account