Repo Dosen ULM

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Roziah, Nazua
dc.creator WATI, MUSTIKA
dc.creator Mastuang, Mastuang
dc.date 2017-02
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:01:20Z
dc.date.available 2020-06-15T04:01:20Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4999/1/7.%20JIPF2.pdf
dc.identifier Roziah, Nazua and WATI, MUSTIKA and Mastuang, Mastuang (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1 No 1 Februari 2017. ISSN pISSN 2549-9955 eISSN 2549-9963
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12169
dc.description Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswamenggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pokok bahasan fluida dinamis antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN Negeri 4 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 83 siswa.Sampel diambil secara cluster random samplingsebanyak dua kelas dari tiga kelas di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Kelas eksperimen I yang berjumlah 26 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas eksperimen II berjumlah 26 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik teknik t-test independent sampel. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel dansignifikansi (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen I yang diberi perlakuan menggunakan tipe TPS dengan kelas eksperimen II yang diberi perlakuan menggunakan tipe TSTS.
dc.format text
dc.publisher Program studi pendidikan fisika FKIP ULM
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4999/
dc.subject L Education (General)
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account