Repo Dosen ULM

Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together

Show simple item record

dc.creator WATI, MUSTIKA
dc.creator Hartini, Sri
dc.creator Inayati, Nurnida
dc.date 2016-03
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:01:19Z
dc.date.available 2020-06-15T04:01:19Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4993/1/1%20edufi%202016.pdf
dc.identifier WATI, MUSTIKA and Hartini, Sri and Inayati, Nurnida (2016) Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. ISSN ISBN: 978-602-74703-0-9
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12163
dc.description Kondisi pembelajaran yang ada di sekolah masih bersifat konvensional dan tidak melibatkan siswa secara aktif pada saat pembelajaran berlangsung sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu di- lakukan penelitian untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran, dan (3) hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini meru- pakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggert. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP pada saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT berkategori terlaksana dengan sangat baik, (2) peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model ko- operatif tipe NHT memiliki kriteria sangat aktif, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT adalah memiliki ketuntasan �75%. Kata kunci: aktivitas siswa, NHT
dc.format text
dc.publisher Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4993/
dc.subject L Education (General)
dc.title Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X-A SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account