Repo Dosen ULM

Analisis Kelayakan Usahatani Cabai Merah Untuk Mengakses Pembiayaan Konvensional Dan Syariah (Studi Kasus Kelompok Tani Cabai Merah di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.creator Karyani, Tuti
dc.creator Djuwendah, Endah
dc.creator Budikusumo, Rani Andriani
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:01:02Z
dc.date.available 2020-06-15T04:01:02Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4713/1/PROSIDING-FKPTPI-2015-95-99.pdf
dc.identifier Karyani, Tuti and Djuwendah, Endah and Budikusumo, Rani Andriani Analisis Kelayakan Usahatani Cabai Merah Untuk Mengakses Pembiayaan Konvensional Dan Syariah (Studi Kasus Kelompok Tani Cabai Merah di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis). Prosiding Seminar Nasional FKPTPI 2015.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/12007
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembiayaan pada sepanjang rantai pasok cabai merah yang berorientasi pasar terstruktur dan menganalisis kelayakan usahatani cabai merah dalam mengakses kredit konvensional maupun pembiayaan syariah.Penelitian ini merupakan riset aksi (action research) yang menggunakan metode studi kasus.Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Panumbangan yang merupakan salah satu sentra produksi utama cabai merah di Jawa Barat.Identifikasi kebutuhan pembiayaan rantai pasok menggunakanValue Stream Mapping yang dilakukan secara observasi dan wawancarapadarantai pasok cabai merah yang berorientasi pasar terstruktur yang terdapat di Kabupaten Ciamis.Kelayakan usahatani cabai merah dianalisis melalui kelayakan finansial dengan pendekatan konvensional dan syariah. rancangan analisis yang dipergunakan adalah Revenue - Cost Ratio (R/C), NPV , Net B/C dan IRR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan dari luar rantai nilai diperlukan karena bila hanya tergantung pada pembiayaan dari dalam rantai (antar pelaku) maka terdapat ancaman bahwa rantai akan terputus yang disebabkan terlambatnya pembayaran dari buyer. Pembiayaan pada kegiatan pre harvest (produksi usahatani) diperlukan antara lain untuk pengadaan agroinput. Biaya ini sebagian besar merupakan biaya variabel dan atau disebut sebagai modal kerja. Pada tahap ini perusahaan agoinput dan penyalurannya memerlukan koperasi sebagai perwakilan dari kepentingan anggota. Biaya Investasi lebih banyak dibebankan pengelolaannya melalui koperasi seperti untuk keperluan rain shelter dan traktor.Pembiayaan yang berbasis konvensional maupun syariah layak untuk dilaksanakan karena dari R-C rasio dan NPV menguntungkan, dan IRR melebihi tingkat bunga komersial. Kata kunci : Kelayakan usahatani cabai, pembiayaan konvensional dan syariah Ab
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4713/
dc.subject SF Animal culture
dc.title Analisis Kelayakan Usahatani Cabai Merah Untuk Mengakses Pembiayaan Konvensional Dan Syariah (Studi Kasus Kelompok Tani Cabai Merah di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account