dc.description |
FKIP Unlam menjalin kemitraan dengan sekolah melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dalam rangka menciptakan calon guru profesional, tetapi kenyataan menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang melaksanakan PPL masih rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian evaluasi untuk mengetahui kesiapan kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan sosial mahasiswa dan kesiapan Prodi Pendidikan fisika dalam membekali kompetensi mahasiswa PPL, serta merumuskan model alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya. Penelitian menggunakan pendekatan metaanalisis melalui refleksi hasil analisis angket mahasiswa dan hasil wawancara guru pamong. Subyek penelitian 45 mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang memprogram matakuiah PPL 2 tahun 2012 dan guru pamong. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesiapan kompetensi mahasiswa melaksanakan PPL pada kompetensi kepribadian sebesar 78%, sosial sebesar 83%, pedagogik (67%) dan professional (59%). Mahasiswa mengalami kesulitan menerapkan keterampilan proses sains, variasai metode/model pembelajaran inovatif terutama pembelajaran berbasis laboratorium dan karakter, evaluasi menyeluruh (kognitif, afektif, dan psikomotorik), aplikasi materi dalam produk teknologi, menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan, (2) peranan Prodi Pendidikan fisika dalam membekali mahasiswa PPL kurang maksimal dalam mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif berbasis karakter, pengelola kelas dengan berbagai kondisi, dan pembelajaran fisika berbasis penemuan di laboratorium, dan (3) Alternatif pemecahan masalah yang ditawarkan berupa penyediaan sarana dan prasarana laboratorium fisika ideal beserta alat dan bahan yang diperlukan, penataan ulang kurikulum Prodi Pendidikan dengan menekankan penambahan SKS matakuliah Strategi Belajar Mengajar, pengintegrasian pembelajaran berbasis penemuan di laboratorium dan karakter pada perkuliahan, dan pengembangan perangkat pembelajaran inovatif berbasis karakter.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Evaluasi, PPL |
|