dc.creator |
Sugianto, Akhmad |
|
dc.date |
2017-03 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T04:00:28Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T04:00:28Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/4460/1/02.%20Jurnal%20Pengembangan%20Instrumen.docx |
|
dc.identifier |
Sugianto, Akhmad (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN (INTELEGENSI). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN (INTELEGENSI), 1 (2). ISSN 2541-6073 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11759 |
|
dc.description |
Intelegensi merupakan sisi tunggal dari karakteristik yang terus berkembang sejalan dengan proses kematangan seseorang yang menggambarkan intelegensi sebagai suatu yang fungsional, untuk melihat apakah seseorang cukup intelegen atau tidak, dapat diamati dari cara dan kemampuannya untuk mengubah dan melakukan suatu tindakan. setiap individu memiliki intelegensi yang berbeda-beda yang dapat dilihat dan diukur menggunakan instrument yang baku. Dalam hal ini saya mencoba mengembangkan instrument kecerdasan tersebut dengan merujuk kepada sebuah teori Howard Gardner yaitu teori Multiple Intelegence. Tujuan dari pengembangan instrument kecerdasan adalah agar siswa mampu memahami dan mengenal kemampuan yang dimilikinta serta bertanggung jawab terhadap kemampuan atau potensi yang dimilikinya. Adapun sasaran dari pengguna instrument ini adalah siswa-siswi di sekolah menengah atas. Berdasarkan studi literature bahwa instrument kecerdasan mampu mengungkap potensi yang ada dalam diri siswa dan siswa mampu mengenal serta memahami dirinya supaya dapat bertanggung jawab terhadap potensi yang dimilikinya pada siswa di SMA.
Kata Kunci : Pengembangan Instrumen, Kecerdasan |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
Jurnal BK FITRAH |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/4460/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN (INTELEGENSI) |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|