Repo Dosen ULM

Pengembangan perangkat pembelajaran ipa dengan model saintifik di Kelas V SD Plus Murung Pudak, Kabupaten Tabalong

Show simple item record

dc.creator Yuseran, Yuseran
dc.creator Soendjoto, Mochamad Arief
dc.creator Prahatamaputera, Aminuddin
dc.date 2018-04-19
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:00:25Z
dc.date.available 2020-06-15T04:00:25Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4443/1/2017%20SNLLB%203%282%29%20627-633%20gab%20Yuseran%20et%20al..pdf
dc.identifier Yuseran, Yuseran and Soendjoto, Mochamad Arief and Prahatamaputera, Aminuddin (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran ipa dengan model saintifik di Kelas V SD Plus Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3 (2). pp. 627-633. ISSN 2623-1980
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11737
dc.description Pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan di jenjang sekolah berikutnya. Olehh sebab itu, pengembangan perangkat pembelajaran IPA dapat dijadikan prasarana siswa dalam pengembangan saintifik yang akan datang. Dalam pengembangan saintifik, siswa diberi kesempatan menunjukkan kemampuan terbaik mempertunjukkan yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan model saintifik dan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya melalui validasi perangkat, keterlaksanaan RPP, respons siswa, dan penilaian kognitif. Setelah dikembangkan, perangkat divalidasi oleh tiga validator. Setelah valid, perangkat diuji dalam kelompok kecil melalui keterlaksanaan RPP dan respons dari 15 siswa Kelas V-A SD Plus Murung Pudak Tabalong. Untuk keefektifannya, perangkat diujikan terhadap 33 siswa Kelas V-B SD yang sama melalui hasil kognitif siswa. Secara umum perangkat (silabus, RPP, bahan ajar, LKS) dinyatakan valid. Perangkat dinyatakan praktis berdasarkan pada rerata nilai keterlaksanaan RPP 86.6% dan respons siswa yang tergolong positif. Perangkat pun dinilai efektif. Dari hasil belajar kognitif, n-gain 0.89 atau dikategorikan tinggi
dc.format text
dc.publisher Research and Public Service Institute, Lambung Mangkurat University
dc.relation https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-pp/article/view/134
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4443/
dc.subject L Education (General)
dc.title Pengembangan perangkat pembelajaran ipa dengan model saintifik di Kelas V SD Plus Murung Pudak, Kabupaten Tabalong
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account