dc.creator |
Suyidno, Suyidno |
|
dc.creator |
Nur, Mohamad |
|
dc.creator |
Yuanita, Leny |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T04:00:20Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T04:00:20Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/4298/1/2%20%20masif.pdf |
|
dc.identifier |
Suyidno, Suyidno and Nur, Mohamad and Yuanita, Leny KeterlaksanaanModel Scientific Creativity Learning (SCL) untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Masif II 2016 "Matematika Sains , Teknologi, Informasi, dan pembelajarnnya, dalam Menciptakan Karya Bernilai Ekonomi Unggul". pp. 263-268. ISSN 978-602-74268-1-8 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11677 |
|
dc.description |
Pembelajaran fisika sangat berkaitan dengan kreativitas ilmiah, tetapi pelaksanaan pembelajaran fisika selama ini kurang memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas ilmiah.Uji coba penelitian dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan Model Scientific Creativity Learning (SCL) untuk melatihkan kreativitas ilmiah mahasiswa.Uji coba penelitian menggunakan eksperimen one group pretest-posttest design pada 30 mahasiswa prodi pendidikan fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat yang memprogram mata kuliah fisika dasar tahun ajaran 2015/2016. Pembelajaran dilaksanakan dalam 8 pertemuan (pertemuan 1 dan 2 diberikan pembekalan keterampilan proses sains dan pertemuan 3 sampai 8 adalah proses pembelajaran dengan Model SCL. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan fase-fase model SCL meliputi membangkitkan tanggung jawab pribadi yang kreatif, mengorganisasikan kebutuhan belajar kreatif, membimbing investigasi secara kelompok, memantapkan tanggung jawab dalam menunjukkan kreativitas ilmiah, evaluasi kreativitas ilmiah dan tanggung jawab pada pertemuan 3 sampai 5 mendapatkan kriteria minimal terlaksana, dan pada pertemuan 6 sampai 8 semua dalam kriteria sangat terlaksana. Kendala yang muncul di awal pembelajaran adalah mahasiswa kurang memahami kebutuhan logistik (alat dan bahan atau media) sehingga kesulitan dalam merancang sebuah eksperimen, namun kendala tersebut akhirnya dapat diatasi.Diperoleh simpulan bahwa Model SCL secara praktis dapat digunakan untuk melatihkan kreativitas ilmiah dalam pembelajaran fisika. |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
FPMIPA Universitas PGRI Semarang |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/4298/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
KeterlaksanaanModel Scientific Creativity Learning (SCL) untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|