Repo Dosen ULM

Pengoptimalan Pelayanan Lalu Lintas di Persimpangan

Show simple item record

dc.creator Rev, Sessi Muya Baret
dc.creator RADAM, IPHAN FITRIAN
dc.date 2011
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:00:17Z
dc.date.available 2020-06-15T04:00:17Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4183/1/15-23-1-SM.pdf
dc.identifier Rev, Sessi Muya Baret and RADAM, IPHAN FITRIAN (2011) Pengoptimalan Pelayanan Lalu Lintas di Persimpangan. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 1 (1). pp. 28-37.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11647
dc.description Persimpangan Jalan A. Yani dan Gatot Sobroto Banjarmasin merupakan bagian dari ruas jalan arteri yang direncanakan akan menjadi persimpangan berbentuk palang (simpang empat). Hal ini dilakukan karena tingkat kemacetan yang tinggi di Jalan Gatot Subroto yang merupakan jalan alternatif di Kota Banjarmasin, sekalipun jalan tersebut sudah sering mengalami pelebaran. Perlu dilakukan peningkatan pengaturan sistem lalu lintas agar kondisi lalu lintas tetap terjaga lancar dan jumlah kemacetan dapat ditekan sekecil mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen simpang Jalan A. Yani dan Gatot Subroto Banjarmasin dapat dioptimalkan sehingga memungkinkan pemecahan masalah pelayanan arus lalu lintas di persimpangan tersebut. Alternatif I adalah meningkatkan pelayanan melalui pelebaran Jalan A. Yani dari dalam kota dan pelebaran Jalan Gatot Subroto pada sisi kanan jalan dari arah menuju Jalan A. Yani. Sedangkan Alternatif II adalah pembuatan fly over pada Jalan A. Yani dari dalam kota. Hasil penelitian menunjukkan nilai tundaan rata-rata persimpangan A. Yani dan Gatot Subroto pada kondisi yang ada adalah sebesar 34,83 det/smp dengan tingkat pelayanan D untuk untuk jam puncak pagi hari, sebesar 29,11 det/smp dengan tingkat pelayanan D untuk jam puncak siang hari, dan 46,19 det/smp dengan tingkat pelayanan E untuk jam puncak sore hari. Alternatif I dengan 3 fase memberikan nilai tundaan sebesar 22, 44 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak pagi hari, sebesar 20,45 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak siang hari, dan sebesar 24,45 det/smp dengan tingkat pelayanan C untuk jam puncak sore. Alternatif II dengan 2 fase memberikan nilai tundaan sebesar 6,11 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak pagi hari, sebesar 6,10 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak siang hari, dan sebesar 6,03 det/smp dengan tingkat pelayanan B untuk jam puncak sore. Alternatif II, yaitu pembuatan fly over pada Jalan A. Yani menuju luar kota, merupakan cara terbaik dalam mengoptimalkan tingkat pelayanan pada Jalan A. Yani dan Gatot Subroto. Kata-kata kunci: persimpangan, tingkat pelayanan, tundaan
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4183/
dc.subject TA Engineering (General). Civil engineering (General)
dc.subject TE Highway engineering. Roads and pavements
dc.title Pengoptimalan Pelayanan Lalu Lintas di Persimpangan
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account