Repo Dosen ULM

PENYUSUNAN PERSYARATAN TUMBUH JENIS ULIN (Eusideroxylon wageri T. & B.) DENGAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Show simple item record

dc.creator Suyanto, Suyanto
dc.creator Syam’ani, Syam’ani
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:00:10Z
dc.date.available 2020-06-15T04:00:10Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3999/1/Syam%27ani%20-%20Persyaratan%20Tumbuh%20Jenis%20Ulin%202016.pdf
dc.identifier Suyanto, Suyanto and Syam’ani, Syam’ani PENYUSUNAN PERSYARATAN TUMBUH JENIS ULIN (Eusideroxylon wageri T. & B.) DENGAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). PENYUSUNAN PERSYARATAN TUMBUH JENIS ULIN (Eusideroxylon wageri T. & B.) DENGAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG).
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11590
dc.description Hutan alam di Kabupaten Tabalong telah terdegradasi, dibuktikan oleh fakta bahwa pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri T. & B.) jarang ditemukan di lapangan, kalaupun ada harus letaknya jauh di pedalaman. Jenis Ulin sekarang termasuk dalam status spesies mengkhawatirkan terancam punah (vulnirable), sehingga harus dilindungi dan dikembangkan. Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai persyaratan tumbuh optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara karakteristik / atribut lahan dengan kehadiran Ulin pada suatu sistem lahan. Data yang diperlukan berupa data primer yang dikumpulkan dengan metode pengambilan sampel di lapangan, sedangkan data sekunder dikumpulkan secara tidak langsung melalui lembaga terkait. Pengambilan sampel dilakukan dengan pengamatan jalur yang menggambarkan unit pemetaan yang terdiri dari: sistem lahan, elevasi, dan lereng. Transek dibuat dengan memotong kontur, sehingga pengamatan garis mewakili kondisi ekologi dari lereng bawah ke lereng atas. Pengumpulan data meliputi data spasial dari Ulin, relief, iklim dan sampel tanah. sistem lahan dan data spasial Ulin dianalisis menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), sedangkan karakteristik tanah dianalisis di laboratorium. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ulin memerlukan persyaratan tumbuh optimal pada kondisi suhu antara 25-32 oC, ketersediaan air (w): jumlah bulan kering <3 bulan per tahun, curah hujan tinggi (> 2000 mm/tahun) dan tidak tergenang, perakaran (r): permeabilitas tanah adalah kelas menengah, tekstur tanah liat berpasir, kedalaman tanah efektif > 50 cm, porositas tanah 55-65 %, kapasitas lapangan >45 %, kesuburan tanah (n): tidak membutuhkan tanah yang subur dengan kadar C organik rendah dan relief (s) <25%, elevasi <800 m dpl. Kata kunci: persyaratan tumbuh, habitat Ulin, karakteristik lahan.
dc.format text
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3999/
dc.subject SD Forestry
dc.title PENYUSUNAN PERSYARATAN TUMBUH JENIS ULIN (Eusideroxylon wageri T. & B.) DENGAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account