dc.description |
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemasaran, margin, serta besarnya bagian harga yang diterima petani (farmer’s share) ikan nila di Pasar Lama Kotamadya Banjarmasin. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode diskriptif, sedangkan cara pengambilan sampel menggunakan dua metode yaitu metode “Simple Random Sampling” digunakan untuk pengambilan sampel pada produsen, sedangkan metode “sensus” untuk pengambilan sampel pada pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pola saluran pemasaran, Analisis Margin Pemasaran serta analisis Farmer’s Share. Hasil analisis menunjukkan besarnya margin pemasaran ikan nila sebesar Rp 11.000,- dengan perincian (a) besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengumpul sebesar Rp 850,- (7,72%) dan pedagang pengecer sebesar Rp 462,- (4,2%) ; (b) keuntungan yang diterima oleh pedagang pengumpul sebesar Rp 6.150,- (55,9%) dan pedagang pengecer sebesar Rp 3.538,- (32,16%). Sedangkan harga yang diterima oleh produsen adalah sebesar 52,18 % dari harga yang dibayarkan oleh konsumen, nilai tersebut menunjukkan sistem pemasaran yang terjadi adalah efisien.
KATA KUNCI : ikan nila, pola pemasaran, margin pemasaran dan farmer’s share
EXECUTIVE
This study aims to determine the pattern of marketing channels, margin, and the magnitude of the price received by farmers (farmer's share) tilapia fish in the Pasar Lama Banjarmasin. The methods used in this study is diskriptif method, while the ways of sampling using two methods ie methods "Simple Random Sampling" is used for sampling at the producer, while the method of "sensus" for sampling the middlemen and retailers. Data analysis method used is a pattern analysis of marketing channels, marketing margin analysis and analysis of Farmer's Share. The results of the analysis showed large tilapia fish marketing margins for Rp 11.000, - with the details of (a) the amount of marketing costs incurred by middlemen as much as Rp 850, - (7.72%) and retailers for Rp 462, - (4.2% ); (b) benefits received by middlemen of Rp 6150, - (55.9%) and retailers of Rp 3538, - (32.16%). While the price received by producers is for 52.18% of the price paid by consumers, the value of the marketing system shows that
there is efficient.
KEYWORDS : nila fish, marketing channel, marketing margin and farmer's share |
|