Repo Dosen ULM

Pengetahuan Penyuluh Kehutanan sebagai Pelaku Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Rawa (Studi di Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatwa Kuala Lupak)

Show simple item record

dc.creator Fauzi, Hamdani
dc.creator Hidayat, Achmad Syamsu
dc.creator Maryati, Titien
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:38Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:38Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3322/1/Prosiding%20KOMHINDO%20lengkap.pdf
dc.identifier Fauzi, Hamdani and Hidayat, Achmad Syamsu and Maryati, Titien Pengetahuan Penyuluh Kehutanan sebagai Pelaku Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Rawa (Studi di Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatwa Kuala Lupak). Semnas dan Pertemuan Ilmiha Tahunan ke-2 KOMHINDO. ISSN 9786026483089
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11364
dc.description Pemberdayaan masyarakat menjadi paradigma baru penyuluhan kehutanan. Melalui penyuluhan kehutanan diharapkan masyarakat mampu mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan masyarakat sehingga menjadi tahu, mau, dan mampu melakukan kegiatan pembangunan hutan dan kehutanan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya. Penelitian ini mempunyai tujuan mengukur tingkat pengetahuan penyuluh kehutanan sebagai pelaku pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan hutan, khususnya terkait dengan kawasan konservasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kombinasi antara paradigma post-positivistik (penelitian kuantitaif) dan paradigma naturalistik (penelitian kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan penyuluh kehutanan sebagai pelaku pemberdayaan kemampuan kognitif tergolong sedang yang ditandai dengan kemampuan memahami tinggi (77.57), menerapkan (78.96), menganalisis (74.09), mengevaluasi (62.96), dan menciptakan (64.17). Faktor-faktor utama yang mempengaruhi kinerja penyuluh kehutanan adalah jumlah penyuluh kehutanan dan pengembangan karier.
dc.format text
dc.publisher Lambung Mangkurat University Press
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3322/
dc.subject AI Indexes (General)
dc.title Pengetahuan Penyuluh Kehutanan sebagai Pelaku Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Rawa (Studi di Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatwa Kuala Lupak)
dc.type Article
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account