dc.creator |
Darmiyati, Darmiyati |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:59:33Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:59:33Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/3186/1/PROCEEDING.pdf |
|
dc.identifier |
Darmiyati, Darmiyati ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. International Seminar on Character Education. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11333 |
|
dc.description |
Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan dan memberikan penilaian. Karena kalau ingin meningkatkan kualitas pendidikan harus diawali dengan perbaikan strategi pembelajaran yang ditunjang dengan penilaian autentik (kelas) yang baik. Asesmen atau penilaian merupakan kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang berupa tes dan non tes. Salah satu asesmen yang dapat dilaksanakan di kelas selain tes adalah asesmen portofolio. Dikarenakan asesmen ini lebih mengutamakan penilaian proses tidak hanya menilai hasil belajar siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Asesmen portofolio yang merupakan pengumpulan tugas-tugas yang berkaitan dengan dunia nyata agar melatih keterampilan berpikir secara sungguh-sungguh, dan mendorong kerjasama yang baik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Asesmen ini dilaksanakan terintegrasi dalam proses pembelajaran, dimana dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru hendaknya memasukkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mendidik siswa menjadi manusia yang memiliki kecerdasan juga membangun kepribadian yang berakhlaq mulia untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Kata Kunci : asesmen, portofolio, karakter |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/3186/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|