Repo Dosen ULM

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN (HSS)

Show simple item record

dc.creator Darmiyati, Darmiyati
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:59:33Z
dc.date.available 2020-06-15T03:59:33Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3183/1/PARADIGMA%202015.pdf
dc.identifier Darmiyati, Darmiyati HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN (HSS). Paradigma, Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 0853-7585
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11330
dc.description Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, peranan pendidikan merupakan salah satu faktor penting, karena dibutuhkan kebijakan-kebijakan dalam pendidikan, terutama menyangkut peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi dalam sistem pendidikan nasional. Peran kepala sekolah dan guru adalah sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif teknik korelasional, mencari kontribusi dari sejumlah variabel penelitian yang ada. Populasi penelitian adalah guru SD se-Kecamatan Loksado yang berjumlah 154 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 111 guru. Hasil penelitian disimpulkan: (1) supervisi kepala sekolah SDN se- Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dinilai tinggi 86,49%. Kompetensi pedagogik guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk kategori tinggi 100%. Kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk kategori tinggi 71,17%. (2) ada hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (3) ada hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (4) secara bersama-sama ada hubungan antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru dan Kinerja Guru
dc.format text
dc.publisher PGSD-PGPAUD FKIP Unlam
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3183/
dc.subject L Education (General)
dc.title HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN (HSS)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account