dc.creator |
Yuwono, Imam |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:59:19Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:59:19Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2813/1/KARTU%20KATA%28PENELITIAN%29.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2813/7/efektivitas%20media%20kartu%20kata.pdf |
|
dc.identifier |
Yuwono, Imam Efektifitas Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Autis Kelas VII Di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin. Univeristas Lambung Mangkurat. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11226 |
|
dc.description |
Autis adalah gangguan perkembangan kemampuan komunikasi,
kemampuan berinteraksi sosial dan prilaku, permasalahan anak autis di Sekolah
Luar Biasa Negeri Pelambuan kelas VII belum mampu dalam melafalkan
kosakata Bahasa Inggris dengan benar, sehingga berdampak kosakata Bahasa
Inggris menjadi salah arti, karena pendidik kurang kreatif dalam hal penyampaian
yang hanya menggunakan media dan metode yang monoton, untuk itu penerapan
media kartu kata bergambar sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan
pelafalan kosakata Bahasa Inggris sehingga pembelajaran Bahasa Inggris menarik
perhatian anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
model penelitian subjek tunggal SSR (single subject research) menggunakan
desain berpola A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa yang berinisial Ms,
pengambilan dan pengumpulan data menggunakan pencatatan kejadian (observasi
berlangsung). Analisis data terbagi menjadi dua langkah: analisis dalam kondisi
dan analisis antar kondisi, yang memberikan perubahan pada saat intervensi
dengan hasil yang memuaskan, yaitu meningkatnya kemampuan pelafalan
kosakata Bahasa Inggris dari subjek tersebut.
Adapun hasil penelitian ini menjawab rumusan penelitian yang diajukan
karena terjadi peningkatan terhadap subjek penelitian dalam mean level.
Persentase mean level untuk kemampuan subjek Ms, dalam melafalkan kosakata
bahasa inggris mengalami peningkatan dari fase baseline (A1) adalah 44,48% dan
fase intervensi (B) adalah 72,08% sedangkan baseline (A2) adalah 75,76% .
Penelitian tersebut memberikan solusi dalam kemampuan pelafalan kosakata
Bahasa Inggris.
Saran dalam meningkatkan kemampuan pelafalan kosakata Bahasa Inggris
anak diharapkan selalu menggunakan media yang menarik seperti salah satunya
media kartu kata bergambar dan memberikan materi juga tidak selalu ceramah
tetapi hendaknya gunakan metode yang dapat menarik perhatian anak seperti
ABA sambil diadakan sedikit permaianan dan demonstrasi pada saat pembelajaran
berlangsung.
Kata Kunci: Media Kartu Kata Bergambar, Anak Autis |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/2813/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Efektifitas Media Kartu Kata Bergambar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Pada
Anak Autis Kelas VII Di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|