dc.creator |
Muna, Khairiatul |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:58:52Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:58:52Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2674/1/Khairiatul%20Muna%201%20Cover.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/2674/2/Khairiatul%20Muna%202%20Artikel.pdf |
|
dc.identifier |
Muna, Khairiatul PERAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH KELARUTAN & HASIL KALI KELARUTAN. Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2017 "Peran knowledge, Skill, dan Value dalam Pendidikan Kimia di Era Globalisasi". ISSN 978-602-60306-1-0 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10930 |
|
dc.description |
Keterampilan metakognisi merupakan keterampilan yang memengaruhi kesuksesan
siswa, salah satunya dalam hal memecahkan masalah. Keterampilan metakognisi
tersebut dapat digali dan dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran
tertentu yang mengarahkan siswa secara nyata untuk menggunakan metakognisinya.
Selama ini guru beranggapan bahwa pembelajaran yang diterapkan dalam
pembelajaran telah dapat mengembangkan keterampilan metakognisi siswa, namun
apa saja bagian dari pembelajaran tersebut yang berperan dalam pengembangan
keterampilan metakognisi serta bagaimana penggunaan keterampilan metakognisi
tersebut oleh siswa dalam pemecahan masalah jarang dilakukan penelitian.
Penelitian yang dilaksanakan dengan pendekatan mix method dan strategi concurrent
triangulation ini bertujuan untuk mengetahui peran dari guided inquiry learning
terhadap keterampilan metakognisi siswa serta mengetahui keterampilan
metakognisi siswa dalam memecahkan masalah kelarutan & hasil kali kelarutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guided inquiry learning yang diterapkan selama
pembelajaran dapat menggali dan mengembangkan keterampilan metakognisi siswa
pada komponen perencanaan, monitoring, serta evaluasi. Adanya peran guided
inquiry learning terhadap keterampilan metakognisi ini dikarenakan kegiatan yang
dilaksanakan, interaksi kolaboratif siswa, serta guru yang bertindak sebagai
fasilitator selama penerapan guided inquiry learning. Berdasarkan hasil yang
diperoleh siswa pada tes pemecahan masalah dapat disebutkan bahwa siswa yang
memperoleh nilai tes yang tinggi serta sedang ternyata memiliki keterampilan
metakognisi yang lebih baik.
Kata Kunci: Guided Inquiry Learning; Kelarutan & Hasil Kali Kelatuan; Keterampilan
Metakognisi; Pemecahan Masalah |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/2674/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PERAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH KELARUTAN & HASIL KALI KELARUTAN |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|