Repo Dosen ULM

Pengaruh Karakteristik Gambut Terdegradasi terhadap Kebakaran Lahan Gambut (Studi kasus lahan gambut PLG Blok A di Kalimantan Tengah)

Show simple item record

dc.creator NOVITASARI, NOVITASARI
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:58:46Z
dc.date.available 2020-06-15T03:58:46Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2573/1/Abstrak_Novitasari_SemNas_Lahan_Basah_20171.pdf
dc.identifier NOVITASARI, NOVITASARI Pengaruh Karakteristik Gambut Terdegradasi terhadap Kebakaran Lahan Gambut (Studi kasus lahan gambut PLG Blok A di Kalimantan Tengah). SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH TAHUN 2017.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10868
dc.description BSTRAK Lahan gambut tropis di Kalimantan Tengah telah terdegradasi secara luas dan intensif sebagai akibat dari pengelolaan lahan yang tidak berkelanjutan yang berdampak kepada bahaya kebakaran yang sangat luas pada 3 dekade terakhir ini (Hoscilo, 2008). Salah satunya adalah dengan proyek pengembangan lahan gambut (PLG) sejuta hektar di Kalimantan Tengah pada tahun 1995-1996 yang kemudian dihentikan pada tahun 1999 (Noor, 2010). Pembukaan lahan gambut telah menjadi masalah krusial terkait kebakaran lahan gambut yang terjadi berulang hampir setiap tahun (Usup, 2015) dengan kebakaran terbesar pada tahun 2015. Kerusakan yang diakibatkan lahan dan hutan gambut yang terdegradasi khususnya di Kalimantan dan Sumatera, terutama disebabkan oleh: kegiatan pertanian, pembangunan jaringan irigasi perkebunan, penebangan kayu ilegal, dan kebakaran lahan dan hutan (Suryadiputra, 2005). Dalam penelitian ini akan diidentifikasi karakteristik gambut terdegradasi yang memicu terjadinya kebakaran di lahan gambut dan upaya restorasi yang bisa dikembangkan. Restorasi telah dilakukan pada beberapa sistem tata air di lahan gambut eks pembukaan mega proyek lahan gambut sejuta hektar blok A, Desa Sei Ahas, Kalimantan Tengah adalah dengan dibangunnya sekat kanal. Pengamatan dilakukan pada saluran-saluran yang telah dibangun sekat dan saluran yang dibiarkan terbuka. Keywords: gambut terdegradasi, kebakaran lahan, sekat kanal, PLG sejuta hektar, Kalimantan Tengah.
dc.format text
dc.relation http://lppm.ulm.ac.id/id/semnaslb2017/3/
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/2573/
dc.subject AI Indexes (General)
dc.title Pengaruh Karakteristik Gambut Terdegradasi terhadap Kebakaran Lahan Gambut (Studi kasus lahan gambut PLG Blok A di Kalimantan Tengah)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account