dc.description |
Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui status kesegara jasmani bagi peserta didik
Sekolah Dasar Negeri Se Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tekni pengambila data res dan pengukuran. Data yang diperoleh dari tes, kemudian diolah sesuai petunjuk penilaian Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI).
Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
Peserta Didik siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri yang terdiri dari: (1) Peserta Didik siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Mekar yang berjumlah 20 orang. (2) Peserta Didik
siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Pinggaran Ulu Kecamatan Astambul yang berjumlah 25 orang. (3) Peserta Didik siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Atayau yang berjumlah 20 orang.
Hasil kesimpulan bahwa: 1) Kesegaran Jasmani Peserta Didik SDN Mekar Kecamatan Martapura Timur dalam status kurang atau tidak segar. Dengan rincian sebagai berikut: peserta didik yang memiliki status kesegaran jasmani Baik Sekali (BS) sebanyak 0 orang (0%), Baik sebanyak 0 orang (0%), Sedang (S) sebanyak 9 orang (45%), Kurang (K) sebanyak 10 orang (50%), Kurang sekali (KS) sebanyak 1 orang (5%). 2) Kesegaran Jasmani Peserta Didik SDN Pingaran Ulu Kabupaten Banjar dalam status kurang bugar. Dengan rincian sebagai berikut: peserta didik yang memiliki status kesegaran jasmani Baik Sekali (BS) sebanyak 0 orang (0%), Baik sebanyak 0 orang (0%), Sedang (S) = 24%, Kurang (K) = 68% , Kurang sekali (KS) = 8%. 3) Kesegaran Jasmani Peserta Didik SDN Atayau, perhitungan analisis persentase diperoleh kesimpulan sebagai berikut: status kesegaran jasmani Baik Sekali (BS) sebanyak 0 orang (0%), Baik (B) 2 orang (2%), Sedang (S) 4 orang (20%), Kurang (K) 13 orang (65%), Kurang sekali (KS) sebanyak 1 orang (5%). |
|