Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA I MELALUI PENERAPAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING

Show simple item record

dc.creator Zainuddin, Zainuddin
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:33Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:33Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1511/1/6e%20Artikel%20Prosiding%20IPA.pdf
dc.identifier Zainuddin, Zainuddin MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA I MELALUI PENERAPAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING. Seminar Nasional Pendidikan IPA Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10093
dc.description Tujuan umum dari penelitian tindakan ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model Inquiry Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada perkuliahan Eksperimen Fisika I. Untuk mempelajari materi kuliah ini, diperlukan kompetensi dasar keilmuan fisika berupa kemampuan menganalisis cara berpikir fisika, merancang eksperimen fisika, dan melaksanakan eksperimen fisika. Sub-sub kompetensi yang diperlukan tersebut disebut sebagai keterampilan proses sains fisika yang dalam pelaksanaannya memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah sebesar 75,5% dalam kategori efektif. Disarankan bahwa dalam perkuliahan Eksperimen Fisika I, sebaiknya dosen menerapkan model Inquiry Discovery Learning dalam rangka meningkatkan kemampuan menganalisis cara berpikir fisika, merancang eksperimen fisika, dan melaksanakan eksperimen fisika bagi mahasiswa dengan memperhatikan hasil refleksi perkuliahan. Kata kunci: kompetensi dasar keilmuan, eksperimen fisika I, inquiry discovery learning.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1511/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA I MELALUI PENERAPAN MODEL INQUIRY DISCOVERY LEARNING
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account