Description:
Proses pembelajaran yang belangsung di SDN Bingkulu 2 selama ini guru masih berpegang pada konsep belajar bukan
membelajarkan siswa. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, terhadap kegiatan pembelajaran materi struktur bagian tumbuhan melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2 membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 pada materi struktur bagian tumbuhan. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,66% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Hasil selama proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus 1 tergolong dalam kategori sedang dan pada siklus 2 tergolong dalam kategori
baik. Guru masih mendominasi dalam mengelola kegiatan
pembelajaran, tetapi keaktifan siswa sudah menunjukkan adanya tanda-tanda keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Kata kunci : Struktur bagian tumbuhan, Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw, Proses dan Hasil Belajar Siswa.