Abstract:
Penelitaian ini dimaksudkanr untuk menganalisis nilai ekonomi Taman Hutan Hujan
Tropis Indonesia TH2TI dengan metode Travel Cost Method serta mengetahui manfaat ekonomi
dan sosial bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Selam 2 bulan. Hasil penelitian menujukan bahwa biaya di dalam perjalan pada lokasi TH2TI, di
pengaruhi oleh jarak masing masing pengujung serta alat transportasi dan konsumsi pengunjung.
Data diatas untuk lokasi kedudukan pengunjung paling terdekat yaitu Banjarbaru dengan jarak
estimasi 7 km dengan rata-rata pengeluaran per orang Rp. 29.000, Martapura/ Banjar jarak 10 km
rata-rata pengeluaran Rp. 30.000, Tanah laut jarak 55 km rata-rata pengeluaran Rp.70.000 dan
yang paling terjauh yaitu kota baru dengan jarak 300 km rata-rata pengeluaran Rp. 400.000.
Pengaruh kehadiran TH2TI terhadap sosial ekonomi masyarakat, tersedianya lapangan pekerjaan
berpeluang bagi masyarakat. TH2TI adalah peluang usaha baik sebagai pedagang maupun bidang
jasa. didalam wisata yang terdapat di Kelurahan Cempaka yaitu Danau Ungu, Strategi
pengembangan untuk Danau Ungu dari hasil analisis faktor internal dan eksternal Danau Ungu
yaitu 1,95 dan 1,75 yang Berada di kuadran II posisi ini menunjukkan solid namun menghadapi
kesulitan besar. Desain tapak Danau Ungu menggunakan konsep wisata yang memberikan
beragam wisata di dalam satu lokasi wisata.