Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bahan kimia rumah tangga. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bahan kimia rumah tangga untuk mendukung
strategi pembelajaran bilingual dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Model pengembangan mengacu pada sistem pendekatan model Dick & Carey. Subjek uji ahli adalah dosen FKIP UNLAM Banjarmasin, yakni 3 orang dosen program studi pendidikan kimia untuk ahli materi dan 2 orang dosen program studi pendidikan bahasa inggris untuk ahli bahasa inggris. Sedangkan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2012/2013, yakni 15 siswa kelas VIII yang diambil secara acak untuk uji coba kelompok kecil dan 31 siswa kelas VIII A untuk uji lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli bahasa inggris, lembar observasi, tes hasil belajar, dan respon siswa. Semua data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dapat dikembangkan bahan ajar bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bahan kimia rumah tangga yang valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan kompetensi bahasa inggris siswa.