Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan: (1) kinerja guru berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) kinerja guru berdasarkan iklim sekolah, serta (3) kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Selat berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah. Penelitian ini termasuk ke dalam pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Selat yang berjumlah 341 orang. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 184 orang, dan distribusi sampel masing-masing sekolah ditentukan secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket dan observasi. Angket telah diuji validitasnya menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitasnya menggunakan split half yang dihitung dengan rumus Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, One-Way Anova, dan Two-Way Anova setelah dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas datanya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dipersepsikan oleh guru yaitu instruksi (G1) sebanyak 15,76%, konsultasi (G2) (41,85%), partisipasi (G3) (16,30%), serta delegasi (G4) (26,09%), (2) iklim sekolah dipersepsikan guru yaitu open (23,08%), engaged (34,62%), disengaged (26,92%), serta closed (15,38%), (3) kinerja guru berada pada klasifikasi tinggi sebanyak 85,33% dan sedang sebanyak 14,67%, (4) terdapat perbedaan kinerja guru berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kinerja guru berbeda antara guru yang dipimpin oleh kepala sekolah bergaya kepemimpinan instruksi (G1) dengan delegasi (G4) dan konsultasi (G3) dengan delegasi (G4), (5) terdapat perbedaan kinerja guru berdasarkan iklim sekolah. Kinerja guru berbeda antara sekolah yang beriklim open dengan closed, engaged dengan closed, dan disengaged dengan closed, serta (6) terdapat perbedaan kinerja guru berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah.
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru